Cara Merawat Drone Agar Awet Dan Tahan Lama

Baterai adalah bagian penting dari kelancaran penerbangan UAV. Kita dapat membayangkan apakah UAV kita mengalami kegagalan sistem baterai atau kehabisan daya. Yang pasti drone akan crash dan mengalami kerusakan parah karena hanya gagal memperhatikan dan merawat kondisi baterai dengan baik.

Secara khusus, baterai DJI yang digunakan oleh drone DJI adalah baterai dengan fungsi pintar, atau baterai penerbangan pintar. Ini adalah baterai khusus yang digunakan oleh drone DJI seperti seri DJI Phantom, Mavic dan Spark.

Di tempat pembuangan, harus sangat hati-hati agar baterai tahan lama. Perawatan baterai DJI ini sangat penting, karena selain harganya yang mahal, baterai ini juga sangat penting untuk keselamatan penerbangan drone.
Berikut ini adalah tips cara merawat baterai drone, kita bisa menyelesaikannya dengan mudah.

1. Jangan mengisi baterai dalam kondisi suhu tinggi high

Jangan mengisi baterai yang baru saja digunakan karena suhu baterai sangat tinggi setelah digunakan. Jika kita terus-menerus mengisi baterai secara paksa dalam kondisi suhu tinggi, itu akan menyebabkan baterai membengkak dan mungkin meledak.

2. Isi penuh baterai sebelum terbang

Terkadang kebanyakan orang tidak sabar untuk mengisi penuh baterai drone. Apalagi saat Anda ingin menerbangkan drone dengan terburu-buru atau lupa mengisi dayanya. Hal ini dapat merusak isi baterai drone. Karena pada saat pengisian baterai DJI, kebutuhan tegangan masing-masing baterai harus terpenuhi secara maksimal.

3. Jangan simpan baterai di tempat bersuhu tinggi

Simpan baterai di tempat yang kering dan sejuk dengan suhu ruangan antara 22 derajat Celcius hingga 28 derajat Celcius. Jangan menyimpan baterai di tempat yang bersuhu tinggi (seperti di dalam mobil), karena suhu yang tinggi akan cepat merusak baterai dan merusak sel-selnya.

4. Simpan baterai dengan daya 40-65%

Jika baterai akan disimpan selama 10 hari atau lebih, kami sarankan Anda mengosongkan baterai hingga 40-65% sebelum disimpan. Menyimpan baterai saat terisi penuh akan mempercepat penuaan masa pakai baterai. Jangan mengisi penuh baterai dalam waktu lama dan membiarkannya kosong dalam waktu lama, karena hanya akan membuat drone cepat runtuh dan mengembang.

5. Ganti baterai setelah 200 kali penggunaan

Baterai DJI juga hemat, jika kita merasa baterai sudah digunakan lebih dari 200 kali, ada baiknya kita menggantinya dengan yang baru. Agar drone kita tetap terjaga dan selalu aman saat terbang. Karena masa pakai baterai, DJI merekomendasikan untuk mengganti unit baterai lebih dari 200 kali.

Nah, itulah 5 tips cara merawat baterai drone yang bisa kita terapkan. Jangan sampai kita membeli drone dengan harga tinggi, kita bahkan tidak bisa merawat baterainya. Jaga drone kita dan komponennya ya?

Previous Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *