Pacu Adrenalinmu! Rafting Bersama Songa Advanture

songa advanture rafting songa atas songa bawah

Songa Adventure adalah salah satu perusahaan penyedia jasa wisata arung jeram (rafting) yang berda di kota Probolinggo Jawa Timur. Nama SONGA diambil dari dialektika masyarkat lokal probolinggo yang notabene berasal dari suku Madura yang berarti “Sungai”. Tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh para penikmat wisata alam baik dari wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Wisata arung Jeram yang dikelola oleh Songa rafting dapat dinikmati oleh masyarakat umum, mulai dari anak-anak hingga dewasa, baik perempuan ataupun laki-laki.

Songa Rafting merupakan salah satu wisata andalan pemerintah kebupaten Probolinggo, sehingga tidaklah heran Songa Rafting menjadi rujukan para penikmat wisata alam yang sangat menarik ini. Wisata Arung Jeram di Songa Rafting begitu menarik dikarenakan sumber air sungai Pekalen yang menjadi faktor utama wisata ini, didukung oleh mata air dari Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan.

Rafting (arung jeram) adalah salah satu bentuk olah raga air di alam terbuka dengan melibatkan air dan perahu karet (rubber boat) sebagai medianya. Selain air dan perahu karet, perlengkapan pendukung lain seperti dayung, life jacket dan Helm juga mempunyai peranan penting dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan dalam kegiatan rafting.

SONGA Adventure sangat memperhatikan betul standard keselamatan baik dari segi peralatan maupun dari segi sumber daya manusia yang ditugaskan. Dalam aktivitas wisata Rafting, akan menyusuri aliran sungai dengan sensasi derasnya arus sungai. Tantangan terindah dalam wisata Rafting adalah “Jeram” yaitu suatu daerah aliran sungai yang mempunyai arus yang cukup deras akibat adanya perbedaan ketinggian dasar sungai yang disebabkan oleh adanya batu-batuan yang ada di daerah aliran sungai sehingga membentuk semacam “air terjun kecil” di daerah aliran sungai.

Wisata Rafting bisa juga disebut dengan wisata olah raga karena dapat memberikan manfaat secara fisik kepada kita. Gerakan mendayung perahu karet akan meningkatkan syaraf motorik kita, sehingga jumlah jaringan sel-sel yang terkoneksi dalam tubuh kita akan semakin meningkat. Dengan meningkatnya jumlah jaringan sel yang terkoneksi dalam tubuh, maka permormance kita dalam bekerja akan tetap terjada bahkan dapat mengalami peningkatan.

Selain memberikan manfaat secara fisik, wisata olah raga rafting juga bisa memberikan manfaat secara psikologis.Bahkan manfaat secara psikologis ternyata lebih besar dibanding dengan manfaat secara fisik.

Salah satu media pendukung kegiatan Rafting atau Arung Jeram adalah debit air sungai yang berada di lokasi pengarungan, beserta lebar penampang permukaan sungai.Diantara faktor yang mempengaruhi besar kecilnya debit air adalah keadaan geografis dimana sungai tersebut berada. Sungai sendiri mempunyai beberapa tingkat kesulitan atau Grade yang dimulai dari grade 1 sampai dengan grade 6.

Untuk kegiatan wisata Rafting atau Arung Jeram,Grade yang ideal adalah mulai dari grade 1 sampai dengan grade 3. Adapun grade 4 sampai dengan grade 6 merupakan standard kegiatan Arung Jeram yang bersifat petualangan,dimana orang yang melakukannya harus sudah mempunyai keahlian atau skill khusus yang kompeten. Dan salah satu sungai yang mempunyai grade aman untuk wisata arung adalah sungai Pekalen dimana Songa Rafting berada.

Sungai pekalen mempunyai lebar penampang sungai antar 5-10 meter dengan kedalaman 1-3 meter serta bertipe permanen yang dapat diarungi sepanjang tahun tanpa terpengaruh musim kemarau, menjadikan kegiatan wisata Arung Jeram di Songa Rafting menjadi seru dan menyenangkan. Songa Adventure membagi Pangkalan dan sungai pekalen menjadi dua bagian, yaitu sungai Pekalen Bawah (Songa Bawah) dan Sungai Pekalen Atas (Songa Atas).

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *